Tempat berbagi dan belajar ilmu Painting Spray

Main Slider

Jumat, 17 November 2017

On November 17, 2017 by Unknown in    No comments
PAINTING adalah Proses pelapisan coating atau pengecatan terhadap suatu media seperti,Plastic,Logam,Metal dan masih banyak lainya,yang berfungsi sebagai pelapis untuk melinfungi media dari karat atau untuk memperindah bagian exterior maupun interior kendaraan.

dalam painting sendiri terdapat berbagai proses dan syarat agar bisa menghasilkan painting yang maximal.
Maslah dalam painting sendiri terbilang lumayan berat terutama dibagian apperance dari painting tersebut.
Painting sendiri jadi komoditas yang diminati oleh berbagai kalangan dan usia baik dari yang masih kecil maupun dewasa.tidak banyak juga orang yang mengandalkan painting sebagai mata pencaharian mereka.
Karena tidak bisa dipungkiri perkembangan dunia otomotif sangatlah tinggi bagian roda 2 ataupun roda 4.sehingga kebutuhan baik dari sparepart ataupun modifikasi jelas akan ikut berkembang.
apalagi peminat modifikasi sangat tinggi terutama dibagian warna.itu membuat peluang usaha dibagian painting terbuka lebar,jika anda salah satu orangnya selamat anda berada di jalur ang tepat.
Dibalik hal tersebut tentunya didalam painting juga terdapat berbagai masalah baik dari yang ringan,medium maupun berat.tentunya kalau belum memiliki ilmu yang medalam dan langsung asal semprot itu akan membuat masalah maupiun kerugian karena material cat akan terbuang sia sia.

Berikut ini adalah masalah yang timbul didalam painting spray.
1.Bintik(Seeding)
Problem ini tergolong ringan jika bintik itu kecil dan sedikit tetapi akan menjadi berat jika diameter dari bintik tersebut besar dan banyak..akan memakan banyak waktu untuk proses repairingnya.
Problem ini bisa timbiul karena beberapa faktor bisa dari lingkungan yang kotor,spargun yang jarang dibersihkan maupun material cat yang terkontaminasi dengan debu atau kotoran yang lain.
2.Createring
Createering tergolong problem yang medium karena bisa jadi karena problem ini anda harus mengecat ulang semua bagian media ataupun diarea yang creatring saja tergantung dari creatring itu sendiri.Problem itu sendiri timbul karena adanya kontaminasi antara cat dengan air ataupun minyak.pastikan sebelum anda melakukan proses painting pastikan bidan painting maupun cat tidak terkontaminasi dengan air maupun minyak.
3.OrangePeel
Orangepeel adalah problem dari aplikasi penyemprotan yang kurang ataupun viscositas cat terlalu kental.problem ini terlihat bergelombang pada lapisan clear coat seperti kulit jeruk.
4.Kasar
kasar adalah permukaan dari clear coat yang pada aplikasinya kurang.bisa jadi layer yang seharusnya 3 layer dikurangi menjadi 2 layer sementara settingan spraygun maupun viscositas berada disettingan 3 layerr.ataupun aplikasi pada clear coat tidak stabil.
5.Motling(Belang)
motling adalah prodblem karena pada aplikasi base coat tidak stabil ataupun viskositas tidak sesuai sehinggan warna bidan yang di painting menjadi belang atau beda warna.Problem ini termasuk problem berat karena harus dilakukan painting ulang.
6.Sagging(Meleleh)
leleh atau meler biasa terjadi pada proses painting hal ini dikarenak jarak antar bidang yang di spray dan spraygun terlalu dekat ataupun viscositas yang terlalu rendah.
7.Dent(dekok)
problem ini tergolong problem yang berat karena problrm ini brrada pada bidang yang akan dipainting bentuknya seperti dekok pada permukaan bidang.repair dari problem ini sendiri lumayan sulit.kalau problem ini terjadi pada plastic panaskan bidang yangb dekok dengan metabo atau sejenisnya sambil ditekan dari bidang yang sebaliknya..kalau pada metal ini proses butuh proses gtokan ataupun dempul.
saran sebelum melakukan proses painting pastikan bidang tidak dekok.

Oke mungkin itu gambaran sedikit dari problem yang biasa muncul pada proses maupun hasil painting.
sebenarnya masih banyak lagi problem yang lain.untuk ulasanya akan kita bahas pada artikel selanjutnya..soo tetap semngat dan giat dalam belajar ya sobb...

jika artikel ini bermanfaat support penulis dengan cara koment ataupun membagikan artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar